Thursday 25 June 2015

Cara Membuat Email dengan Mudah di Google Mail (Gmail)

Layanan membuat email dari Google atau sering kita dengar dengan singkatan Gmail (Google Mail) merupakan salah satu  yang terbesar saat ini, tercatat pada bulan Mei 2015 pengguna Gmail telah mencapai lebih dari 900 juta.

Jika saat ini Anda belum memiliki Google Mail dan tertarik untuk belajar Cara Membuat Email tersebut, maka perlu saya katakan bahwa Anda sedang membaca artikel yang tepat, karena di artikel ini akan saya jelaskan secara mendetail tahap demi tahap buat akun Gmail dengan mudah dari awal - jadi (disertai gambar).

Untuk tahapan pembuatan email di Gmail sebenarnya cukup singkat, dimana kita hanya perlu mengisi data diri dan melakukan konfirmasi keaslian akun menggunakan nomor handphone.

Namun sebelum kita masuk pada pembahasan tentang Cara Membuat Email, alangkah baiknya Anda persiapkan terlebih dahulu syarat buat email di Gmail yang harus Anda penuhi, sbb :

  • Nomor handphone aktif (wajib)
  • Akun email lain (tidak wajib)

Kedua persyaratan tersebut tidak semuanya wajib dimiliki, tapi jauh lebih baik jika Anda memiliki keduanya karena berkaitan dengan kemanan akun Gmail Anda.

Sekarang kita masuk pada proses pembuatan email di Gmail yang sudah saya rangkum dengan bahasa yang sederhana dan pastinya akan sangat mudah untuk dipahami oleh pemula.

  1. Kunjungi situs Gmail yang beralamatkan disini https://mail.google.com

    Cara Membuat Email di Gmail

    Diatas adalah halaman depan Gmail, halaman ini terkadang muncul terkadang juga tidak, dengan kata lain saat pertama buat gmail Anda mungkin diarahkan ke halaman diatas atau bisa juga langsung masuk ke tahap 2.

  2. Ini adalah tahap kedua, tugas Anda disini cukup klik tombol Create Account

    Cara Membuat Email di Gmail gambar 2

    Jika beruntung saat pertama buat email biasanya Anda langsng diarahkan kesini saat mengakses url https://mail.google.com, tapi jika tidak maka akan ke tahap 1 terlebih dahulu, yaitu tahap pengenalan seputar Gmail.

  3. Pada tahap ketiga, Anda diminta untuk memasukkan informasi seputar data diri

    Cara Membuat Email di Gmail gambar 3

    Untuk lebih jelasnya tentang data diri yang saya maksud bisa dilihat pada gambar diatas, data yang diminta diantaranya meliputi :

    • Jenis Kelamin
    • Tanggal Lahir
    • Nomor Handphone

    Dan masih banyak lagi lainnya, disini Anda tidak perlu khawatir, karena informasi tersebut akan digunakan oleh tim Google untuk kemudahan Anda dalam menggunakan layanan email dari Gmail.

  4. Tahap empat atau tahap setelah mengisi data diri adalah tahap verifikasi

    Cara Membuat Email di Gmail gambar 4

    Inilah alasan kenapa saya mengatakan bahwa Anda wajib menyediakan nomor handphone, karena untuk melanjutkan proses pembuatan email baru, maka Anda perlu melakukan verifikasi melalui nomor handphone.

  5. Selanjutnya, buka Handphone Anda untuk melihat kode verifikasi

    Cara Membuat Email di Gmail gambar 5

    Kode verifikasi akan dikirim oleh Google melalui nomor handphone yang Anda masukkan di awal pendaftaran email di Gmail pada tahap ketiga.

  6. Pada tahap terakhir Anda akan disambut dengan ucapan selamat oleh Google

    Cara Membuat Email di Gmail gambar 6

    Ucapan selamat diberikan karena Anda telah berhasil membuat 1 akun Gmail, selamat. Gambar diatas adalah tampilan homepage (halaman depan) Gmail, untuk fungsi dari tiap tombolnya beserta fitur-fitur menarik lainnya dari Gmail akan kita bahas di lain kesempatan.

Itu saja tutorial membuat email gmail singkat dari saya, semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang kebingungan bagaimana cara membuat email dengan Gmail, selamat membuat email baru dan semoga sukses.

Share this

Admin dari blog bisnisisme berbagi informasi seputar Bisnis.

0 Comment to "Cara Membuat Email dengan Mudah di Google Mail (Gmail)"

Post a Comment